Apa itu Photoshop? | Pengertian, Sejarah dan Fungsi Adobe Photoshop


Alhamim Dwi Putra | Apa itu Photoshop? | Pengertian dan Fungsi Adobe Photoshop - Photoshop atau lebih lengkapnya Adobe Photoshop merupakan sebuah software yang digunakan untuk mengolah foto ataupun gambar sesuai keinginan. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengar Adobe Photoshop? Di laptop dan Personal Computer (PC) kalian biasanya sudah terinstall Adobe Photoshop. Adobe photoshop berbeda-beda versi dari waktu ke waktu,  InsyaAllah pada artikel selanjutnya akan saya bahas.

Pengertian Photoshop menurut Wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

Sejarah Photoshop

Sumber: gigazine.net

Pada tahun 1987, Thomas Knoll, seorang kandidat doktor  di Universitas Michigan, Amerika Serikat (AS) mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro.  Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; “total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan” dengan cara ini.
Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988.Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh. (Wikipedia)
Pernah meraih Piala Oscar tahun 1989 (kategori efek visual terbaik dalam film ‘The Abyss’), serta partisipasinya dalam film ‘Star Wars’ dan ‘Star Trek’. Salah satu yang menyakitkan adalah ketika karya mereka dianggap tidak menjual. Namun, knoll bersaudara tak patah arang. Mereka bahkan berhasil mengembangkan suatu metode inovatif yang belakangan dikenal sebagai ‘plug-ins’. Tepatnya sebuah fitur untuk menyelaraskan ‘tones’, ‘hue & saturation’, serta beberapa kontrol keseimbangan gambar lainnya. ("Berita Unik." Inilah Sang Pencipta Adobe Photoshop. 8 Oktober 2010 <http://www.beritaunik.net/techno/inilah-sang-pencipta-adobe-photoshop.html;)

Fungsi
Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD. 

Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:
  • RGB color model
  • Lab color model
  • CMYK color model
  • Grayscale
  • Bitmap
  • Duotone

(Wikipedia)

Sebenarnya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengoperasikan Photoshop dan akhirnya tidak sama sekali digunakan dengan alasan tidak bisa, susah, gak ngerti-ngerti, minta editin aja ke yang lebih paham. Padahal dengan sedikit mengetahui dasar-dasar pengoperasiannya pun InsyaAllah akan mempermudah untuk mengedit foto/gambar. Minimal bisa membuat text, memasukkan foto/gambar ke photoshop, seleksi foto/gambar, merubah warna, save project, save gambar. Apalagi jika diperdalam lagi tentang seluk beluk photoshop maka kedepannya akan semakin dipermudah dan mungkin saja bisa menjadi profesional.

Teknik-teknik pengolahan atau cara pengeditan foto/gambar pada photoshop di zaman globalisasi ini sudah banyak bertebaran di internet. Banyak sekali blog yang membuat artikel-artikel yang membahas Photoshop mulai dari teori dasar, teknik-teknik edit dan masih banyak lagi. Salah satunya blog Alhamim Dwi Putra. Ditambah sekarang ada situs seperti Youtube dimana kita bisa memutar video apapun, sehingga kita bisa menyaksikan tutorial-tutorial photoshop didalamnya. 

Jika kita berkemauan untuk belajar tentang Photoshop sering-seringlah membaca atau menonton tutorial lalu sering juga praktik, dengan sering praktik kedepannya akan semakin paham dan dipermudah untuk mengolah foto/gambar. Sebenarnya photoshop itu bagaikan alat untuk mengekspresikan diri, segala apapun yang mau kita ekspresikan kalau sudah memahami photoshop pasti bisa.

Coba cek:

Sudah dilihat? Luar biasa bukan? Pada aneh-aneh. hehehe
Sekian dulu tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa komentar ya kritik maupun saran akan saya terima. Mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan ataupun penjelasan yang kurang panjang.

Sumber materi:
"Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas." <https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop;
"Berita Unik." Inilah Sang Pencipta Adobe Photoshop. 8 Oktober 2010 <http://www.beritaunik.net/techno/inilah-sang-pencipta-adobe-photoshop.html;)
Previous
Next Post »