INGIN DATA AMAN DI KOMPUTER/LAPTOP? IKUTI BEBERAPA LANGKAT BERIKUT.


  1. Simpan file pada folder sesuai kategori dan buat sub dan sub-subnya. Misalkan mengelompokkan file sesuai format, ekstensi atau jenis program yang digunakan untuk membukanya.
  2. Simpan file di DATA I (D) atau DATA II (E), jangan di SYSTEM (C) agar lebih aman.
  3. Jika Anda men-download file, atur browser supaya selalu mengonfirmasi setiap Anda akan menyimpan file. Ini untuk menghindari file dari berbagai jenis format bertumpuk menjadi satu dalam satu folder. Bagi pengguna Firefox, klik Alat > Pengaturan > Umum > Unduhan > Selalu tanyakan lokasi penyimpanan berkas (ditandai).
  4. Jika Anda suka tampilan grafis, berikan sentuhan manis pada setiap folder dengan memberikan latar belakang sesuai selera Anda. Lihat Cara Membuat Background Folder Di My Computer. Yang perlu diperhatikan, latar belakang hendaknya diatur dengan warna yang kontras agar tidak menyamarkan keberadaan berkas yang ada.
  5. Jika berkas Anda sangat banyak dan suatu saat Anda lupa di folder mana Anda menyimpannya, lihat Cara Mudah Dan Cepat Menemukan File Di Folder Komputer.
  6. Jika Anda memiliki file rahasia, sembunyikan dengan aman dan dengan cara aman pula. Lihat Mengunci Folder Dengan Notepad (Tanpa Software).
  7. Jika Anda ingin mengganti ikon folder agar Anda lebih mudah mengenalinya, lihat Cara Mengganti Icon Folder Di My Computer Dengan Icon Lucu Dan Keren.
  8. Hapus file-file yang tidak terpakai untuk memperbesar spasi di diskdrive Anda.
  9. Jika Anda ingin membuat dan menyimpan file, Anda harus tahu perbedaan “Simpan” atau “Save” dengan “Simpan sebagai” atau “Save as”. “Simpan” atau “Save”, artinya menyimpan file dengan nama file otomatis di folder yang telah ditetapkan bersama dengan file sejenis lainnya. Sedangkan “Simpan sebagai” atau “Save as”, menyimpan file dengan mengonfirmasi Anda, apakah akan diberi nama ulang atau tidak dan dimana Anda akan menyimpan file-nya.
  10. Proses tindakan terhadap file (Menghapus, memindah dan lainnya) bisa mengakibatkan file terdefragment. Lihat Pentingnya Defragmentasi Pada Komputer Atau Laptop.
  11. Untuk menghindari dari Anda kehilangan file penting, buatlah backup dari file tersebut. Lihat Cara Back Up File Penting Di Komputer.
  12. Jika Anda secara sengaja atau tidak sengaja menghapus file dan ingin mengembalikannya, lihat Cara Mudah Mengembalikan File Terhapus.
  13. Jika Anda ingin menghapus file atau ingin menghapus file yang tidak bisa dihapus dengan cara normal, lihat Cara Aman Menghapus File.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
1 Mei 2016 06.28 ×

Makasih ilmunya suhu :)

Reply
avatar
Busran Hs
admin
6 September 2016 03.35 ×

Makasih ilmunya.. kunjungi juga http://cariartikelmu.blogspot.com/

Reply
avatar