Apa itu ? Black Hat & White Hat


Apabila anda sudah pernah terjun di dunia Internet Marketing, anda pasti sudah pernah dengar istilah ‘black hat’ dan ‘white hat’.

Apa itu?
‘Black hat’ adalah teknik Internet Marketing yang digunakan untuk ‘menipu’ search engine seperti Google atau Yahoo supaya website anda tampil di halaman pencarian Utama.
Biasanya yang banyak di gunakan pemain black hat adalah mereka bikin website yang contentnya (isinya) hampir tidak ada apa-apa, tetapi di website tsb diisi dengan halaman yang penuh dengan iklan Adsense atau affiliate link mereka untuk menawarkan sebuah produk yang mereka pasarkan. Saya yakin anda pasti pernah temukan website2 seperti ini kan?
Website2 seperti ini tidak memberi nilai tambah (value) kepada pengunjung. Pemilik website hanya berharap ada yang klik iklan Adsense mereka atau beli affiliate produk yang mereka pasarkan. Dan biasanya juga, website2 seperti ini dibikin dengan software yang bisa membuat ratusan website dalam waktu yang cepat.
Pengunjung yang datang ke website2 seperti ini biasanya datang dari search engine seperti Google, Yahoo, dll. Namun black hat website biasanya hanya bertahan dalam waktu yang singkat (1 bulan – 4 bulan) di search engine.
Apa maksudnya bertahan di search engine? Bertahan di search engine maksudnya website anda ter-index.
Contoh: silakan anda ke http://google.com lalu ketik ’site:detik.com’ (tanpa kutip). Google akan meng-informasikan ke anda bahwa website detik.com ada sekitar 490,000 halaman yang terdaftar di Google. Wow! Banyak sekali ya.
Nah untuk sebuah website tampil di halaman pencarian Google (Google search results), website tsb harus terlebih dahulu terdaftar (indexed) di Google seperti contoh detik.com diatas.
Jadi apabila sebuah website http://namawebsite.com belum terdaftar di Google, maka website tsb tidak akan muncul di halaman pencarian Google.
Kembali lagi ke black hat. Website black hat tidak akan bertahan lama di Google. Seperti yang saya katakan diatas, pengalaman saya biasa mereka bertahan hanya 1 bulan – 4 bulan (ada juga kasus yang bertahan lebih lama dari itu, namun pengalaman saya mengatakan 4 bulan-an). Jadi setelah 4 bulan, website tsb tidak akan lagi muncul di halaman pencarian Google (situs tsb telah di de-indexed).
Para pemain black hat biasanya hanya mengandalkan search engine untuk mendatangkan pengunjung ke website black hat mereka. Artinya ketika website mereka di de-indexed, biasanya habis pula website tsb (artinya tidak ada pengunjung lagi).
Jadi ibaratnya pemain black hat selalu bermain kucing-kucing-an sama Google. Pemain black hat seperti tikus. Dan Google atau search engine lainnya seperti Kucing. Kucing makan tikus!
Nah sekarang kita bahas apa itu ‘White Hat’?
Website ’White Hat’ adalah website yang memberikan value kepada pengunjung. Contoh: detik.com, google.com, friendster.com, narutofan.com adalah website2 white hat. (Kebetulan saya fan nya Naruto, jadi saya sebutkan situs tsb sebagai contoh aja)
Kalau anda lihat, detik.com adalah situs yang memberikan berita terkini yang diupdate hampir setiap menit. Pengunjung ke situs ini mendapatkan manfaat dengan berita2 yang terbaru.
Google.com adalah sebuah search engine yang memberikan manfaat kepada orang2 yang ingin mencari sesuatu.
Friendster.com adalah situs untuk orang bergaul dengan teman2 mereka yang lama maupun dengan teman2 yang baru mereka kenal lewat friendster. Situs ini juga memberikan manfaat kepada mereka yang suka bergaul di Internet.
Narutofan.com adalah situs yang bermanfaat untuk para penggemar Naruto.
Membuat sebuah situs ’White Hat’ tidak akan di de-index oleh Google. Artinya website tsb akan selalu tampil di halaman pencarian Google.
Nah sekarang pertanyaannya adalah, kalau gitu saya pilih bikin website yang ’black hat’ atau ’white hat’ ya untuk mendapatkan duit lewat Internet?
Tabel di bawah ini akan menggambarkan positive dan negative pointnya masing2:
Black Hat
White Hat
1. Jangka pendek/short term (karena website akan di de-index oleh Google
1. Jangka panjang/long term (kemungkinan besar website akan terus ter-index oleh Google
2. Awalnya lebih cepat dan gampang dapat duit
2. Awalnya lebih lambat dan susah dapat duit
3. Jangka panjang tidak ada duit
3. Jangka panjang duit baru mulai masuk
4. Sebuah income stream
4. Sebuah bisnis
Perhatikan point no. 4 diatas:
Black hat adalah sebuah income stream – artinya hanyalah bersifat sementara dan tidak bisa disebut sebagai sebuah bisnis (menurut saya).
White hat adalah sebuah bisnis – artinya bersifat long term dan bisa disebut sebagai sebuah bisnis.
Jadi semua tergantung kepada anda. Anda mau yang mana? Mau cape kerja sekarang tapi kedepannya enak ATAU mau sekarang dapet dulu, tapi kedepannya ga dapet sehingga anda harus mengulang siklus ini terus-terusan (bikin black hat website, terus di de-index, bikin lagi, di de-index lagi, dst)? Atau bisa juga anda melakukan dua-duanya.
Bagaimana menurut anda? Silakan berkomentar tentang topik ini…

Sumber : http://wellymulia.com/black-hat-white-hat-apa-sih-sebenarnya/
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
MikiMaru
admin
31 Maret 2013 10.36 ×

Berarti Yang White Hat Itu Yang Jujur Ya ?? ^_^

Reply
avatar
1 April 2013 14.10 ×

kunjungan perdana gan.. salam kenal dan sukses terus..

Reply
avatar
1 April 2013 16.21 ×

Ane kira tadi blackhat hacker sob. . Hehe

Reply
avatar
yogi vipre
admin
1 April 2013 23.52 ×

makasih infonya gan
sekarang aku faham bedanya.,

mohon follow back nya gan :D

Reply
avatar
Bima Arsa
admin
1 April 2013 23.54 ×

Goood :D
kok blog ente jadi rada berat yaa ??

Reply
avatar